Home » , » Melestarikan Tradisi "Ngangurap" di Bumi Garam

Melestarikan Tradisi "Ngangurap" di Bumi Garam


Komplek Pemakaman "Bujuk cokop"

Seminggu menjelang acara "Nyadar" (Tradisi ungkapan syukur atas anugerah garam) masyarakat Desa Pinggirpapas dan Desa Karanganyar Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep melakukan tradisi "Ngangurap". Kata Ngangurap berasal dari bahasa Madura yang berarti mengecat. Tradisi ngangurap adalah membersihkan dan mengecat area pemakaman para wali Allah yang ada di Pinggirpapas, Karanganyar dan Desa Kebundadap Kecamatan Saronggi. Dalam kegiatan ini warga desa Pingirpapas dan Karanganyar melakukannya di tiga desa yaitu di Pinggirpapas, Karanganyar dan Kebundadap karena komplek pemakaman ada tiga lokasi yang berbeda.

Warga yang hadir dalam tradisi ngangurap datang atas keinginan sendiri tanpa merasa diperintah. Ini semua dilakukan karena warga sangat menghormati para wali Allah yang merupakan leluhur warga. Tidak hanya berasal dari desa Pinggirpapas dan desa Karanganyar saja, tetapi dari desa lain yang merupakan keturunan warga Pinggirpapas dan Karanganyar.

Di desa Pinggirpapas dan Karanganyar masyarakat terkonsentrasi di area pemakaman/asta Bujuk Cokop dan Bujuk Karang Tengah, sedangkan di desa Kebundadap di area pemakaman/asta  Bujuk Laok Songai (Makam Wali Allah di sisi selatan sungai). Dalam tradisi Ngangurap di Bujuk Cokop selalu dihadiri oleh para "Bengaseppoh" (ketua adat Pinggirpapas dan Karanganyar). Para Bengaseppoh ini duduk dalam satu ruangan balai yang terpisah dari warga biasa.

Warga biasanya membawa berbagai alat yang dibutuhkan, seperti misalnya kuas untuk alat mengecat, sapu dan peralatan lainnya. Seluruh dana yang dibutuhkan dalam tradisi ini murni berasal dari "Nak potoh" (warga desa pinggirpapas dan Karanganyar).Warga mengecat dan membersihkan keseluruhan area pemakaman tanpa terkecuali. Tradisi Ngangurap ini dilakukan sudah ratusan tahun dan turun-temurun. Setiap tahun Ngangurap biasanya dilaksanakan di awal musim kemarau.

Pinggirpapas, 02 Agustus 2014

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.