Home » » Antri Botol di RSU Dr.Soetomo Surabaya

Antri Botol di RSU Dr.Soetomo Surabaya

Dari dulu saya sering dengar dan penasaran ingin tahu katanya kalau mau periksa di RSU Dr.Soetomo jika ingin dapat nomor antrian agak cepat atau awal harus melalui suatu proses yang namanya "Ngantri Botol". Jika ini tidak dilakukan maka bersiap-siaplah untuk mendapat nomor antri diatas 700.
Saat mendampingi kakak operasi kebetulan sepupu istri mau periksa dan saya diminta untuk ikut antri botol.

Tanggal 6 Mei 2015 Jam 23:20 WIB saya berjalan menuju depan ruang antri dan ternyata disana sudah banyak orang berkumpul. Karena baru pertama kali saya beranikan diri bertanya pada salah seorang yang berada disitu.
"Maaf Pak, gimana cara antri botol?,".
"Oh, sampeyan daftar dulu Mas,"
Saya segera mendekati "relawan" yang mencatat.
"BPJS atau JKN ?" tanya si petugas tadi. Dan lelaki kemayu itu lalu menulis nama dan asal daerah saya.

"Siap-siap, sebentar lagi akan dimulai". Jam menunjukkan 23:40 WIB saat petugas itu mengingatkan. Tepat jam 23:45 WIB petugas itu berdiri lalu memanggil nama dan alamat satu persatu. Orang yang dipanggil segera meletakkan botol sesuai urutan panggilan. "Hei !, nama kamu siapa koq nyerobot naruh botol?!". Tegur si petugas jika ada orang yang mencoba menaruh botol tidak sesuai nama dan alamat. Ternyata malam itu saya lumayan beruntung karena dapat nomor urut botol di barisan nomor 39. Setelah menaruh botol saya meninggalkan tempat dan beristirahat.

Saat pagi mulai menjelang pasien atau keluarga pasien mulai datang untuk mengawal botol yang sudah berbaris sejak tengah malam. Sementara mereka yang baru datang berjejer di belakang botol sambil duduk memegang map berisi berkas yang dibutuhkan.
Jam 05:45 pintu dibuka dan antrianpun mulai berjalan. Botol-botol yang mengantri sejak malam hari dilemparkan ke plastik yang sudah ada di depan pintu ruangan. Untuk pasien SPM, Jamkesda dan yang sejenis jangan lupa bilang SPM di loket antrian, jika tidak kita harus mengulang lagi antrian yang memakan waktu lama.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.