Home » , » Benarkah Mesjid Adalah Tempat Suci..??

Benarkah Mesjid Adalah Tempat Suci..??



Tak ada yang berbeda dari pelaksanaan ibadah Sholat Jum’at hari ini (6/6/2014) di Mesjid Al-Muqorrobin  Desa Pinggirpapas Kabupaten Sumenep dimana saya tinggal.Usai sholat Jum’at biasanya ada dzikir berjamaah beberapa menit sebelum para jamaah meninggalkan mesjid. Namun kali ini berbeda, usai sholat  takmir masjid berdiri dan menyampaikan kabar yang sangat menyakitkan.
“Saya akan menyampaikan kabar duka, bahwasanya kas mesjid yang berada di dalam kotak Amal telah dicuri orang,” ucap takmir mesjid H. Mahbub Ilahi. Mendengar berita ini sontak para jemaah tercengang, dan terlihat beberapa diantaranya menggeleng-gelengkan kepala seakan tak percaya. Kemudian H.Mahbub melanjutkan ucapannya. “Mari kita kirim fatihah dan do’akan bersama agar si pencuri segera diberi hidayah oleh Allah dan sadar akan kesalahannya,” kata H. Mahbub dengan nada sedih.
Pencurian ini mungkin yang pertama kali terjadi di Mesjid Al-Muqorrobin. Sebelumnya di mesjid desa tetangga pencurian uang dan barang-barang berharga yang ada di mesjid Hairul Jannah Desa Karanganyar Sumenep sudah sering terjadi juga. Untuk itulah kemudian Ketua takmir Mesjid setempat berinisiatif mengunci mesjid dan hanya membukanya disaat-saat sholat fardhu dan ketika ada kegiatan keagamaan saja. Kebijakan mengunci pintu pagar mesjid ini kemudian juga menimbulkan pro dan kontra.
Cerita diatas kemudian menimbulkan pertanyaan “Benarkah Mesjid Adalah Tempat Suci..?”. yach, mesjid memang merupakan tempat suci bahkan disebut juga sebagai “Rumah Allah”. Tapi ini berlaku bagi umat yang masih ada iman di dalam dadanya. Sementara bagi mereka yang kosong iman hal ini tidak berlaku. Sering kita dengar dari berbagai media tindakan kriminal terjadi di tempat-tempat ibadah, bahkan di berbagai negara yang sedang berkonflik sepertinya tak ada lagi tempat suci yang tersisa, semua disamaratakan. Bagaimana misalnya Mesjid bersejarah di Irak menjadi sasaran peluru, rusaknya area mesjid Khalifah Umar Bin Abdul Aziz di timur tengah, Bom yang meledak di dalam mesjid dan gereja di berbagai negara termasuk beberapa tahun yang lalu dimana bom meledak di gereja bahkan sempat meledak di sebuah mesjid di Indonesia. Kesucian tempat ibadah yang semestinya dijaga saat ini seakan hanyalah kata-kata mutiara dan menjadi tanggung jawab beberapa pihak saja. Lantas siapa dan dari manakah harus dimulai memperbaiki moral bangsa ini..??

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.